Saturday, August 18, 2007

Ketinggalan Pesawat :)

Minggu lalu, menjelang National Day, aku berencana pulang ke Jakarta. National Day bertepatan dengan hari kamis, jadi aku mengambil cuti pada hari jumat, sehingga punya waktu 4 hari di jakarta.

Pada acara mudik kali ini, aku berencana menggunakan jetstart (value air), berangkat dari Singapore pukul 19:55. Rute pulang aku berencana lewat batam, dikarenakan jatah bebas fiskal-ku tinggal satu.

Beberapa hari menjelang mudik, aku jalan-jalan ke Toys'r'us. Di sana aku melihat ada mobil2an remote control murah. Cumah sekitar 900rb. Kalo di jakarta bisa sekitar 1.5-2jt. Oh iya, sebagai gambaran, mobil2an itu lumayan gedhe. Saladin sampe umur 6 tahun kayaknya bisa naek mobil2an itu.

Akhirnya aku memutuskan membeli mobil2an remote control tersebut untuk saladin. Toko yang aku pilih adalah toys'r'us di Paragon. Pertimbangannya, aku mo nitipin maenan itu di toko itu dulu, baru aku ambil hari rabu pulang dari kantor, terus langsung wes wes wes ke airport.

Ternyata mainan itu laris manis bagai kacang goreng. Di Toys'r'us Paragon mainan itu sudah habis. terus minta tolong mbak2nya buat ngecheck stok, ternyata masih ada di Forum.

Akhirnya aku ke Forum, beli maenan itu, terus ke Paragon lagi buat nitip. Diambil hari rabu.

Rabu... entah kenapa, pekerjaan numpuk. banyak banget yang mesti dikerjakan. Baru bisa keluar kantor jam 6:15. Langsung lari ke Paragon. Eh.. inget juga gak ada duit banyak di dompet. Ke ATM dulu.. eh antrian panjang.. Ya udah langsung ke lantai 6, toys'r'us, ngambil maenan itu. Oh iya, box maenan itu ukurannya 1.5m x 1m x 0.5m, berat 15kg.

Terus turun ke taxi stand. Antri lumayan panjang, ada 10 orang lebih. Setelah aku di barisan paling depan, nyari taxi deh.. Berhubung kondisi yang ada, taxi yang aku naikin harus memenuhi syarat2 berikut:
1. bisa dibayar pake ATM/CC
2. mau membawa barang segedhe mainannya saladin
3. mau mengantar ke airport (beberapa taxi kalo ganti shift kadang milih2 dalam nganter penumpang).

Ternyata susah nemu taxi yang memenuhi 3 kriteria di atas. Akhirnya setelah 10 menit, dapet deh taxi. Udah jam 6:50 kali aku dapet taxi.

Berangkat ke bandara.. eh jalanan agak macet.. stresss....

Nyampe bandara, aku lupa terminal berapa. Langsung melesat ke terminal 2. Nurunin barang, langsung masuk.. langsung saja ada percakapan berikut:
Aku: Counter Value Air di mana ya?
Satpam: Wah itu di terminal 1

langsung lari balik lagi ke taksi yg tadi nganter.. langsung cabut ke terminal 1.

Di terminal 1. ngambil troli, langsung nyari di mana counter value air. Ternyata susah nyarinya. :( seingetku di pojok (1 sampe 4), ternyata gak nemu.. setelah bolakbalik 2 kali, akhirnya nemu juga. di counter 4.

Langsung ke sana.. percakapannya berikut:
Aku: (ngos2an) mbak mo checkin
mbak2: wah udah tutup mas yg mo ke jakarta
Aku: Jadi gak bisa mbak?
mbak2: gak bisa mas
Aku: duit tiket bisa diminta gak mbak?
mbak2: hangus mas
Aku: wah.. penerbangan selanjutnya kapan mbak?
mbak2: besok mas, coba cek ke loket bagian penjualan di sana
Aku: (lemezzzz) makasih mbak

ps: oh iya, aku nyampe depan counter jam 7:30

Langsung saja aku ke counter penjualan tiket (jetstart). Percakapannya adalah sebagai berikut:
Aku: Mas, tiket ke jakarta buat besok masih ada?
Mas2: wah udah tutup mas. kalo mao besok pagi ke sini beli tiket
Aku: Kalo sekedar liat apakah masih ada tempat duduk bisa kan mas?
Mas2: bentar saya cek.... iya masih ada..
Aku: Jam berapa mas bisa mulai beli?
Mas2: Pagi jam 7
Aku: Makasih mas

Terus aku berjalan ke counter2.. sambil nyari2 siapa tahu ada penerbangan ke jakarta.

Terus aku liat ada Adam Air. Langsung saja ke counter Adam Air.. eh ternyata dah tutup :(

Terus ke garuda. Percakapannya adalah sebagai berikut:
Aku: mbak, beli tiket buat penerbangan jam 8 masih bisa gak?
mbak2: wah udah gak bisa mas
Aku: kalo besok paling pagi jam berapa ya mbak?
mbak2: jam 8 pagi mas
Aku: masih ada gak mbak?
mbak2: wah gak ada mas. mesti waiting list.
Aku: yang ada kapan mbak buat besok?
mbak2: Ada jam 11. Mau?
Aku: kalo mao waiting list jam 8 pagi, antri dari jam berapa mbak?
mbak2: jam 6 mesti dah di sini
Aku: Ya udah deh mbak, aku beli tiket jam 11. Berapa harganya mbak?
mbak2: sekian (ps: Harganya sekitar 75% dari harga resmi tiket 2 bolak balik, ato 90% harga kalo beli di travel agent untuk bolak balik)

Setelah semua beres, aku jalan2 bentar. Rencanaku malem itu nginep di Bandara. mo pulang, agak ribet karena maenannya Saladin segedhe gaban.

Tiba-tiba secara tidak sengaja aku melihat papan keberangkatan. Baru inget kalo ternyata garuda ada penerbangan jam 9 malem. Langsung ajah aku ke counter beli tiket tadi.
Aku: mbak, kalo mo waiting list buat jam 9 malem masih bisa?
mbak2: bisa mas, ke sono ajah
Aku: Makasih mbak

Langsung ajah aku ke counter waiting list. Setelah daftar, aku sempet nanya.
Aku: mbak, gimana peluang dapet?
mbak2: kayaknya dapet mas. tunggu saja sampe jam 8:40. nanti jam 8:40, ke sini sambil nunjukin tiket. ini nomer antriannya mas
Aku: Ada berapa orang yg antri mbak?
mbak2: 11 orang
Aku: makash

Ya sudah deh.. terus aku ke warung kopi. beli minum sembari nunggu jam 8:40 malem.

Jam 8:30, aku balik lagi ke counter itu. Langsung nyerahin tiket ke mbak2 yang jaga. Di sana ada 1 cewek (belasan tahun) yg lagi
Aku: mbak, mo check waiting list
Mbak2: bentar mas

terus mbak2 itu ngambil tiketku.

tiba2 mbak2 itu ngomong:
mbak2: mas, kalo mao aman, upgrade ke bisnis saja
Aku: nambahnya berapa mbak?
mbak2 itu terus nanya ke bagian penjualan tiket. terus balik lagi
mbak2: buat mbak ini, nambahnya XXX, sementara buat mas ini, YYY (ps: kalo aku ngambil kelas bisnis, total tiket 1 kali jalan sekitar 3jt rupiah).

akhirnya pada saat yang bener2 terakhir, mbak itu bilang gini:
mbak2 penjaga counter: mas dan mbak, kursi kelas ekonomi tinggal 1 yg kosong. Jadi saya serahkan ke mbak2 ini karena dia nomer urutnya duluan
aku: waduh.. berapa mbak tadi?
mbak2 penjaga counter: sekian mas
aku: kalo aku anggota freq flyer, dapet diskon gak mbak?
mbak2 penjaga counter: mas anggota garuda freq flyer?
aku: iya mbak
mbak2 penjaga counter: bisa liat kartunya mas?
aku: (kasih liat kartunya) ini mbak

mbak2 itu terus ngecek kartuku. terus ngomong gini ke orang satu lagi yang antri
mbak2 penjaga counter: mbak, karena mas2 ini anggota freq flyer, jadi kami prioritaskan. maaf ya mbak
aku: (dalam hati) horeee
mbak2 penjaga counter: mas, silakan check in ke sana. cepet ya mas
aku: makasih mbak

langsung saja aku cabut.. checkin.. thanks garuda freq flyer. kamu penolongku :)

abis check in artinya gak perlu narik2 trolley yang isinya maenannya saladin. cepet2 aku ke ruang tunggu keberangkatan. sampai di sana ternyata emang dah mo berangkat. langsung masuk pesawat. aman dehhhhhh.....

nyampe jakarta sekitar jam 10 malem. keluar dari imigrasi+pengambilan barang sekitar jam 11. langsung inget kalo damri udah gak beroperasi jam segitu. langsung ajah naek taksi.

ternyata supirnya ngambil rute aneh. baru pertama kali itu aku lewat serpong. cepet sih cepet. cuman bosen ajah. di kiri kanan kebanyakan gelap.

Moral of the story: jangan ketinggalan pesawat

2 comments:

IndraPr said...

jetstar (valuair) kali, bukan jetstart (value air).

:) :)

Anthony Fajri said...

Oh iya itu makssudnya :)