Sunday, April 06, 2008

Say NO to MURI

Muri adalah sebuah lembaga di Indonesia yang memberikan penghargaan terhadap rekor-rekor yang diciptakan oleh warga negaranya. Kalo di tingkat dunia, lembaga sejenis adalah guinness book of record.

Entah kenapa, akhir2 ini aku ngerasa Muri menjadi sebuah lembaga yang mengobral gelar-gelar untuk kepentingan publikasi tertentu. Bahkan hal-hal tidak penting pun bisa jadi gelar.

Contohnya, tahun 2007 Muri memberikan penghargaan kepada IPDN sebagai "Pemrakarsa dan Penyelenggara Penulisan Pernyataan Sikap Moral pada Kain Terpanjang". Penting gak sih penghargaan itu? atau sekedar sarana publikasi tertentu. (ps: sayangnya Muri lupa memberi penghargaan kepada IPDN sebagai "pelanggar gerakan moral tercepat", karena beberapa saat setelah gerakan moral tersebut, ada kekerasan lagi di IPDN).

Contoh lainnya, baru2 ini Muri memberikan penghargaan kepada Partai RepublikaN sebagai partai dengan pendiri terbanyak. Memang penting gitu? Tidak perlu effort yang banyak untuk mengalahkan rekor tersebut.

Penghargaan2 tidak penting tersebut buat aku malah memberikan kesan bahwa Muri adalah lembaga yang hobi memberikan penghargaan2 atas rekor tidak penting.

Say NO to MURI!!!

Salam hangat dari Jogja,

Blogger Negatif.

2 comments:

rama said...

Iya yah bener juga.. jadi ajang promosi dan publikasi. Tapi klo gk gitu MURI gk bisa aktif coz gk ada yg bayar ya...

Salam kenal www.rampok.org

Boaz Wibowo said...

selalu ada take and give...
perlu biaya yang tidak sedikit untuk membiayai lembaga seperti ini...
apalagi Indonesia sangat luas... :)
banyak juga rekor-rekor bermutu yang tercatat di MURI juga kok...