Thursday, August 14, 2008

Hidup

"Hidup ini udah diatur Allah. Manusia tinggal berusaha, Allah yang menentukan"

Ya, aku ada keyakinan bahwa semua ini sudah digariskan oleh Allah.

pun kalo ada sesuatu yang menurut kita gak bagus (kecopetan di jalan, berantem ama istri, marah2 ke anak), pasti ada hikmah di balik semua itu. Tidak mungkin Allah memberi sesuatu yang tidak baik ke hambanya. Semua yang dari Allah itu adalah yang baik2.

Kadang juga aku berpikir, kenapa sih hidupku ini begitu apes.
kenapa sih apa yang selama ini aku yakini (not in term of religion), ternyata tidak seperti itu kenyataanya.

Kadang, aku mencoba untuk melihat hikmah di balik semua peringatan dari Allah.
dan kadang juga, perasaan ataupun emosi menutup mata hati-ku untuk melihat maksud Allah dari peringatan ini.

Dulu hatiku sangat keras. ego-ku sangat tinggi. menangis atau meratapi kesedihan pun tidak pernah.
namun, akhir2 ini, ketika sholat, aku sering menangis. entah kenapa?!

Dulu pernah juga, ada wawancara di Sony, hari itu juga hatiku sangat kacau. untung buat aku wawancara itu cuman formalitas. even they offered me >>5k, I will reject.
setelah wawancara, dengan hati yang sangat kacau, akhirnya aku menemukan masjid. sholat ashar, ngaji bentar, sholat maghrib... Alhamdulillah hati sedikit tenang.

Aku baca juga di blog-nya pak armein. manusia itu makhluk yg cerdas. jangan sampai manusia dikendalikan emosi. tapi manusia-lah yang mengendalikan emosi. emosi itu seperti angin/api. dalam jumlah yang kecil (cinta, sebal, dll) dia sangat berguna, tapi dalam jumlah yang besar (emosi yang meledak2, gila, dll) dia menjadi berbahaya.

banyak cerita tentang hidup ini. berkas HTML berukuran 100KB tidak akan cukup untuk menceritakan 1 menit tentang hidup.

No comments: