Saturday, August 14, 2004

Online Community Website

saat ini muncul begitu banyak online community website di dunia perinternet-an. di indonesia, munculnya online community website dipelopori oleh frenster. yang kemudian diikuti oleh temanster sebagai sebuah komunitas online khusus indonesia.

beberapa situs yang sempat saya dapat dengan bantuan teman sebagai online community website adalah :
- friendster sudah dijelaskan diatas.
di itb sendiri pernah ada 5 menit kekacauan dengan frenster :) frenster sekarang masih beta version. sempat terjadi perubahan besar2an dengan mengganti jsp (java server page) dengan php (PHP: Hypertext Preprocessor) yang mengakibatkan frenster lebih cepat diakses dan tidak ada kasus 'teman hilang'.
frenster didevelop oleh orang2 yahoo, sehingga tidaklah mengherankan kalo frenster bisa booming seperti itu, karena mereka2 sudah makan asam dan garam ( cat : jangan artikan kalimat di samping dengan "developer frenster hanya makan asam dan garam" :) )
frenster lahir di internet pada tanggal 22 Maret 2002
- temanster , sudah dijelaskandi atas juga.
tampilan temanster hampir mirip dengan frenster, cuman lucu-nya, temanster mengklaim sebagai online community website yang tidak beta lagi dengan meng-coret tulisan beta di bagian atas tampilan web tersebut (mungkin sindiran terhadap frenster :) ).
menurut http://www.temanster.com/about.php, temanster didevelop oleh orang2 indonesia dari http://www.zein.biz/ (sebuah perusahaan webhosting dengan alamat JL. GANDHI NO. 210/234 Medan dan dimiliki oleh Williem Zein.
temanster mulai beredar di internet sejak 16 Mei 2004
- enemyster
sekarang masih beta version, dan untuk mencoba beta version tersebut, harus memasukkan beta code yang saya sendiri tidak tahu darimana mendapatkannya. enemyster dilahirkan tidak lama setelah frenster, yaitu 31 Desember 2002 oleh James Cronin yang beralamat di London, Inggris. tampilan enemyster mirip dengan tampilan frenster. (mungkin, untuk nyaingin frenster). saya sendiri nggak tahu knapa enemyster sekarang blom dilaunch (blom bisa mbuat account), kalo udah di-launch, pasti dalam sekejap om KRMTRSN muncul di sana dan dalam sekejap pula, enemy-list dia jadi banyak :)
- h5
h5 memiliki tampilan yang berbeda dengan frenster. h5 sendiri 'diciptakan' pada 6 maret 2000 oleh Paul Gordon, tetapi saya sendiri tidak tahu sejak kapan h5 menjadi online community website.
- The Names Database
the name database mengklaim mampu menghubungkan 8,415,167 orang di seluruh dunia (14 agustus 2004 jam 3 pagi) angka tersebut selalu bertambah...
- orkut
orkut bisa jadi merupakan saingan frenster paling kuat (di itb, pengguna orkut masih sedikit - komunitas itb di orkut masih 69 orang, sementara pengguna frenster merajalela - temannya pak kaka (rektor itb) di itb aja udah full ( = 500), namun di beberapa negara, pengguna orkut lebih banyak)
orkut dikembangkan oleh search engine yang merupakan saingan yahoo, yaitu google. orkut dilihat dari segi fasilitas masih lebih bagus daripada frenster, karena orkut membedakan tingkat pertemanan antar 2 orang (ada 5 tingkat, yaitu : tidak pernah ketemu, pernah kenalan, teman biasa, teman akrab, dan satu lagi saya lupa) . selaen itu, orkut juga membedakan antara individu dengan komunitas, berbeda dengan frenster yang hanya ada 1 : individu, sehingga kadang, sebuah individu difungsikan sebagai komunitas di frenster. selaen itu, metode signup orkut mirip gmail, yaitu dengan invitation.
keunggulan orkut yang laen adalah : di orkut, kita bisa menyimpan data teman kita dalam format csv, yang terdiri dari 3 field, yaitu first name, last name, dan email. karena rata2 online community website menggunakan email sebagai id, maka apabila semua online community website menyediakan layanan 'download teman' dan 'upload teman', alangkah senangnya kita :)
- sohib
sohib memiliki konsep yang hampir mirip dengan temanster. saat ini sohip mengklaim telah menghubungkan 10505 orang.
- multiply

mungkin masih ada online community website yang laen, tapi dari teman
saya, saya hanya dapet 8 di atas. itu pun yang saya coba cuman frenster
dan orkut. yang laennya nggak saya coba, males :)

kalo tidak salah, munculnya online community website dikarenakan ada
'pendapat' dari orang indonesia yang kuliah di amrik bahwa 'hanya perlu
6 link pertemanan untuk menghubungkan semua orang di dunia'. tapi saya
lupa link 'pendapat' tersebut.. (ada yg bisa bantu?)
ada juga 'pendapat' tentang kirim2 email ke sebuah community yang
nantinya hanya perlu berapa buah 'node' untuk sampe ke tujuan.
(yang ini perasaan saya juga pernah baca, tapi lupa dimana) :)

tujuan online community website sendiri cukup bagus, yaitu memetakan
teman. sehingga kita tahu siapa saja teman kita, dan siapa temannya
teman kita, demikian seterusnya.

sebenarnya.. kalo kita agak 'paranoid' dan 'jahat' sehingga dikejar2
oleh 'pihak berwajib', kita bisa aja berpikiran bahwa adanya online
community website ini memudahkan pelacakan terhadap kita.
'pihak berwajib' bisa tahu siapa saja teman kita, bagaimana
kecenderungan kita dalam memilih teman, apa sajakah interest kita..
dan sebagainya.

No comments: