Saturday, October 28, 2006

Menjadi Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri adalah hal yang sangat susah. Ketika kita melihat orang lain yang sukses (menurut diri kita), kita selalu ingin seperti orang itu. Bahkan keinginan tersebut terkadang berubah menjadi "ingin lebih daripada orang tersebut".

Hal tersebut adalah wajar, mengingat manusia adalah makhluk yang punya keinginan. Menjadi tidak wajar apabila hal tersebut dilakukan secara berlebihan. Keinginan sederhana manusia bisa menjadi ambisi yang tidak sehat yang (agak) menghalalkan segala cara, termasuk mengorbankan kehidupan sosial.

Saya sendiri sekarang ini mencoba berusaha menjadi diri sendiri. Tidak ingin terpengaruh orang lain. Tidak pula ingin menjadi seperti orang lain. Biarlah saya menjadi diri saya sendiri, apa adanya.

Itulah kenapa, kalo ada yang menanyakan hal-hal yang bersifat personal kepada aku (misalnya: pekerjaan sekarang, dll), aku tidak akan menjawab. Hal tersebut karena aku pengen orang mengenal aku karena apa yang aku hasilkan (tulisan, ide, pertemanan, dll) dan bukan siapa aku dan apa pekerjaanku.

Aku hanya orang biasa.. yang ingin menjadi diri sendiri..

No comments: