Tuesday, October 24, 2006

My Room

Aku menyewa kamar dari pasangan muda dari India. Barangkali umur mereka sekitar awal 30an ato akhir 20an. Aku menyewa kamar ini melalui jasa seorang agen perumahan.
Ketika membaca iklan di koran, disebutkan bahwa harga sewa kamar adalah n. karena tertarik dengan harganya yang murah dan lokasinya yang strategis (cuman 10 meter dari mall dan 15 meter dari terminal), aku (atas bantuan mas mahfud) menghubungi agen perumahan tersebut. Kemudian kami bikin janji untuk melihat kamar yang disewakan. Setelah beberapa kali tertunda, akhirnya kami jadi juga men-survey kamar yang akan disewa.
Setelah ketemu ama penghuni rumah, aku (dibantu mas mahfud) melihat2 kamar yang disewakan beserta fasilitas yang disediakan. Tao2 agen-nya datang menghubungi kami : "barusan pemilik rumah memberitahu kami, bahwa harganya naik menjadi 1,2 kali harga semula, karena kemaren ada orang lain yang survey juga, dan pemiliknya tidak cocok ama orang tersebut. Kayaknya yang sekarang pemilik-nya cocok dengan kamu".
Tungguuuuuuu sebennntarrrrr.....
Aku liat iklan di koran hari sabtu. Hari itu juga aku telpon agennya. Kemudian kami bikin janji mao liat sabtu sore jam 5.
kemudian ditunda, karena waktunya tanggung, abis buka ajah deh sekalian. Akhirnya kami bikin janji jam 8. Pihak agen setuju. Tapi kemudian agennya menelpon katanya gak bisa jam 8 malem. Ya udah besok malem ajah, karena yang punya rumah baru bisa besok (minggu) malem. Eh lagi2 jadwal tertunda, jadi senin malem, karena yang punya rumah lembur seharian.
ya udah deh, akhirnya senin malem jadi deh liat2 kamar ini. Eh kok tao2 si pemiliknya bilang "udah ada yang survey" kok gak ngasih tao dan kapan itu? Huh gak konsisten.
Tawar menawar dimulai. Kami tawar 1,1 harga semua dengan fasilitas lengkap. Eh si pemilik gak mao.. akhirnya tetep deh 1,2 harga semula dengan fasilitas matras tidur, meja kerja, kursi, dan lemari. Cukuplah buat tidur dan kerja di rumah. Oh iya, listrik jadi tanggungan pemilik rumah, secara aku cuman bawa badan dan ibook.

Hari pertama sudah terasa tidak enak, si pemilik rumah marah2 ama aku gara2 aku lupa matiin lampu kamar mandi. Oke lah aku salah, tapi marahnya gak perlu segitunya kaleee...
Oh iya, si pemilik rumah juga bilang : aku gak boleh bawa teman, kalo ada teman yang mao dateng, suruh di luar. kamar hanya BUAT TIDUR. kalo ada keluarga mao nginep, ada itung2annya sendiri. (sempat terpikir, nanti kalo saladin ato bapakku dateng, mendingan nginep di hotel ajah daripada di sini)
pokoknya, di rumah ini aku mesti berhemat sumber daya. aku gak boleh make listrik berlebih. kalo tidur lampu dimatiin. barangkali si pemilik pengen menghemat pengeluaran listrik dll.
Kmaren, hari senin, aku di rumah sendirian. Di luar sepi kayaknya yang punya rumah lagi merayakan deepavali. Aku di rumah ajah sampe malem. Malemnya aku maen2 ibook sampe jam 3 pagi. Eh tadi pagi si pemilik nanya
pemilik: "semalem kamu gak matiin lampu ya?"
aku : "aku bangun kok, sampe sekitar jam 3".
si pemilik : "make komputer?"
aku : iya
pemilik : kamu make komputer buat kerja?
aku : iya
pemilik : jangan sering2 make komputer ya, nanti tagihan listrik membengkak
aku: pak, pemakaian listrik untuk laptop kan kecil
pemilik: kita liat nanti akhir bulan, kalo tagihan lebih besar jatah kamu, akan ada itung2an lagi. aku gak tao mao apa lagi.
aku: liat ajah nanti akhir bulan
jelas2 di surat perjanjian ada tulisan : "LISTRIK JADI TANGGUNG JAWAB PEMILIK RUMAH". dan sebagai penyewa kamar, aku tidak boros2 amat make listrik. Paling cuman buat ibook + ngecharge HP.
Dan (jujur saja) makin tidak betah saja aku di rumah ini. Untuk kalo weekend aku banyak lembur, jadi gak perlu di rumah ini..
Oh iya, rencanaku pertengahan bulan depan bakal ngomong ke agen kalo aku mao pindah sekalian ngasih uneg2 tentang si pemilik. Kata mas mahfud sih, ini pemiliknya yang gak bener. biar pemiliknya diblacklist.

Terakhir kali aku ngekos di bandung, pemiliknya enak. Orang semarang sunda gitu pokoknya. Jadi pemiliknya akrab ama aku. Kami sering ngobrol. Pokoknya karena aku di perantauan, hal2 kayak gitu jadi enak lah. Hubungan antara pemilik kos dan penghuni yang harmonis baik untuk kesehatan jiwa. Lha sekarang? mendingan pindah :) biar deh rugi... (di awal, aku mesti kasih duit 2,5 bulan. 0.5 bulan buat agen-nya, 1 bulan buat 1 bulan pertama, dan 1 bulan lagi buat jaminan, jadi kalo aku pindah cepet, kami berdua rugi. karena si pemilik juga mesti bayar 0.5 bulan (biasanya sih 1 bulan) ke agen). Mendingan nyari yang pemiliknya orang indonesia. Biar duitnya balik ke indonesia.

I love the blue of indonesiaaaaa.......

ps: posting ini tidak ada maksud sara-nya sama sekali

No comments: