Thursday, January 18, 2007

Bintan bukan Indonesia

Beberapa waktu yang lalu aku berkesempatan mengunjungi sebuah resort di Pulau Bintan. Resort tersebut berada di dekat sebuah pantai.

Ketika berencana mengunjungi tempat tersebut, aku sudah membayangkan akan berada di Indonesia, sebuah negara kepulauan di kawasan asia tenggara.

Tapi apa daya, ketika sampai di sana, mulai dari pelabuhan ketika berangkat sampai dengan pelabuhan lagi ketika pulang, susah mencari bukti bahwa aku sedang berada di Indonesia. Barangkali satu-satu-nya bukti (dan ironis-nya) adalah bahwa ketika meninggalkan pelabuhan menuju ke negeri lain, aku diharuskan membayar sejumlah rupiah sebesar Rp. 500.000,- yang kemudian di-beri kuitansi dengan sebuah kertas yang mana ada gambar logo yang sama dengan gambar logo di pasport-ku. Teman2-ku yang di pasport-nya gak ada logo itu gak perlu membayar sejumlah uang tersebut.

Membaca berita di kompas, aku merasa bahwa berita tersebut benar adanya. Banyak kawasan yang menurut peta berada di kawasan yang ketika aku SD dulu dikenal sebagai NKRI, tetapi tidak terasa berada di NKRI.

Banyak alasan kenapa situasi di sebuah kawasan yang berada dalam koridor wilayah NKRI tidak seperti wilayah NKRI, misalnya :
- masih kurang-nya pengakuan pemerintah terhadap wilayah tersebut (yang diwujudkan dengan sedikitnya perhatian pemerintah untuk memajukan wilayah tersebut)
- adanya anggapan sebagian orang bahwa wilayah tersebut adalah daerah milik dia sendiri (sehingga dia berhak bertindak semau gue)
- adanya kenyamanan apabila wilayah tersebut dikelola oleh asing (entah merupakan kota mandiri di tengah pemukiman kumuh seperti di irian, resort megah seperti di bintan, dll)
- dan masih banyak lagi

Nah.. Seperti apa sih Indonesia dalam bayanganku?

Indonesia tanah air beta... Pusaka abadi nan jaya.. Indonesia sejak dulu kala.. Slalu dipuja-puja bangsa

*duh kmaren nonton indonesia-singapore, dibela2in kehujanan di stadion.. eh malah imbang*

1 comment:

Anonymous said...

Pergi ke Bintan-nya ke Bintan Resort di Lagoi sih. Padahal kan Bintan bukan cuma Lagoi. :)

Coba jalan-jalan ke Tanjung Pinang, terus ke pantai Trikora di timur Bintan. Dijamin terasa Indonesianya. :)