Wednesday, January 10, 2007

Ketika Aku Kecil

Lokasi Kejadian

Dulu.. ketika aku baru lahir, bapakku membangun rumah di daerah Klaten. Sekitar 1 km dari terminal Klaten, depan Kantor Polisi Ketandan.

Ketika itu, jumlah rumah di kampungku masih sedikit. Bahkan, rumah bapakku dulu (ketika aku masih kecil) dikelilingi sawah. Hanya tanah di sebelah timur rumah bapakku yang bukan sawah, tetapi tanah kosong tidak kepake. Pemiliknya adalah temen kerja bapakku. Kayaknya dulu hunting tanahnya juga bareng.

mBah Gito

Sawah di depan rumah milik mBah Gito. mBah Gito ini dulu ketika aku masih seumuran saladin setiap hari bekerja di sawah depan rumah. Akhirnya mBah Gito akrab dengan keluargaku. Bahkan sudah dianggap mBah sendiri. Setiap lebaran, kunjungan ke rumah mbah gito menjadi agenda tetap.

Mbah gito dulu kalo membajak sawah masih cara tradisional, menggunakan bajak yang ditarik sepasang kerbau. Pas aku masih seumuran saladin, aku sering diajak mBah Gito membajak sawah, naek ke punggung kerbau. Sampai sekarang, setiap kali main ke rumah mbah gito, beliau selalu cerita ke aku tentang masa-masa itu. Bosen? Gak tuh.. Aku menikmati cara mbah gito menceritakan masa bayi-ku.

Oh iya, mBah Gito sekarang umurnya udah 80an tahun. Beliau awet tua. Istrinya juga awet tua. Istrinya mbah gito ini jago banget bikin tape ketan. Kami sering minta tolong (istri) mbah gito buat mbikinin tape ketan, tinggal kasih beras ketan ke beliau, sore/besoknya ambil tape ketan itu (walopun belom mateng), terus baru dimakan 2-3 hari kemudian. Kalo lagi ada duit, jangan lupa beli es krim. Tape ketan + Es krim = Nikmat.

Terakhir aku main ke rumah mbah gito september 2006, beliau sedang bekerja di sawah. Maklum, beliau ini tipe orang yang gak bisa diam di rumah. Ketika kmaren aku ke rumah mbah gito, ternyata beliau sudah tidak memelihara kerbau lagi, sebagai gantinya beliau memelihara sapi. Dan kemaren, Saladin menangis ketika ngeliat sapi-nya mbah gito :))

Sawah, Sungai, dan Kebun

Ketika aku kecil, area permainan-ku adalah sawah, sungai, dan kebun. Mainan digital pertama yang aku miliki adalah nitendo, sekitar kelas 3 SD. Dulu, sering banget kami main ke sungai.. mandi2 di sungai, walopun jelas2 sungai itu kotor. Mancing ikan di sungai/kolam di depan kuburan. Bahkan sampai mencuri pohon tebu di perkebunan tebu di deket rumahku.

Kadang aku dan temen-temen sering main ke kuburan cina (ngebong). Di kuburan cina tersebut ada pohon kenari. Rasanya enak makan kenari jatuh di situ.

Pramuka

Di masa-masa SD-ku, Pramuka menjadi ajang bermain yang asyik. Kami sering bermain ke kuburan cina (di belakang SD-ku, kebetulan tukang jaga-nya bapaknya temenku), ke sungai2 di pelosok (yang masih jernih, dan bebas dari kotoran kerbau), atau sekedar di sekolahan.

SD

Aku sekolah di SD Bareng Lor 2. Semua sodaraku juga sekolah di situ. SD ini lumayan bagus kualitas-nya (menurutku). Jarak SD ini dengan rumahku sekitar 1-1.5 km. Aku ke sekolah dengan mengendarai sepeda.

Jadi inget hal2 lucu ketika SD. Kalo musim hujan, kalo ke sekolah, tas-ku selalu besar. Isinya : jas hujan, sandal jepit, celana pendek, plastik, buku pelajaran, apa lagi ya.. pokoknya gedhe banget lah..

No comments: