Monday, June 04, 2007

Larangan Membawa Cairan di Pesawat

Beberapa waktu yang lalu, aku berkesempatan mengunjungi 2 buah bandar udara penerbangan internasional. Yang pertama adalah Bandar Udara Changi, yang kedua adalah Bandar Udara Soekarno Hatta.

di Changi, aku membawa obat tradisional china. Karena belom tahu fisiknya, aku maen masukin saja di tas. Eh ternyata isinya adalah cairan, dan baru ketahuan di changi. Setelah diperiksa oleh petugas, akhirnya diperbolehkan dibawa di pesawat. Ukuran cairan kayaknya antara 500ml hingga 1 liter. terdiri dari 8 botol (atau 6 ya?) cairan.

Di Soekarno Hatta, aku sengaja membawa minuman teh botol untuk diminum sembari menunggu. Di pos pemeriksaan terakhir, aku berbaik hati dengan memberi tahu bapak2 di sana bahwa aku membawa cairan. Dan setahuku, karena ukurannya <1 liter dan bungkus transparan, aku boleh membawanya ke pesawat. Dan tentu saja, bapak2 di sana melarang membawanya.
Aku: Pak, minuman ini boleh dibawa?
Bapak2: Tidak boleh
Aku: Lho pak, ini kan kurang dari 1 liter, dan bungkusnya transparan
Bapak2: Pokoknya tidak boleh
aku: Kemaren saya dari changi boleh kok pak. Sama petugasnya diperbolehkan membawa cairan, asal sesuai ketentuan
Bapak2: Petugasnya salah tuh.

Cek punya cek.. ternyata aturannya adalah SKEP/43/III/2007
point 3a.
Kapasitas wadah atau tempat cairan, aerosol, dan gel maksimum 100 ml atau ukuran sejenis.

sementara yang aku bawa kemaren adalah (SPAM) fruit tea ukuran 500ml.

Aturan dari changi adalah : LAGS: "Jams and pastes are considered Liquids, Aerosols and Gels. Liquids, Aerosols and Gels items that are in containers with a maximum capacity of not more than 100ml each may be placed in the 1-litre transparent re-sealable plastic bag, which must be completely closed, to be hand carried. If the item purchased is not essential for the flight, passengers are advised to place these items in their check-in luggage."


saya lupa ukuran masing2 botol ramuan tradisional china yang saya bawa. Tapi kayaknya saya yang salah. Jadi memang aturannya ukuran masing2 botol maksimum adalah 100 ml, sementara total maksimum adalah 1 liter.

No comments: