Tuesday, December 14, 2004

Sebuah Cerita tentang Naik Angkot

Naek angkot.. rasanya semua orang yang pernah ke bandung pernah ngerasain naek angkot (kecuali mungkin pejabat atau tamu negara yang ke bandung buat shopping ato menikmati suasana bandung yang kononnya indah sehingga disebut paris van java). Naek angkot merupakan ciri khas di bandung.

Kalo di jogja, tanpa punya motor, susah banget pergi kemana-mana. Naek taksi, jumlah taksi tidak terlalu banyak. Naek angkutan umum, biasanya angkutan umum (bis kota, damri, angkot, colt) cuman sampe jam 6 sore. bahkan, pas smp kelas 1 ketika aku masih naek bis kuning sleman jalur A2, bis itu hanya ada sampe jam 4 sore. Itu pun jarak antar bis sekitar 45 menit. Bayangin aja gimana rasanya kalo pas nyampe jalan, ternyata bayangan bis itu baru aja lewat L walopun udah apal jadwal bis, tapi tetep aja.

Di bandung, tanpa motor ato mobil, jalan2 kemana-mana masih enak. Angkot ada dimana-mana. Saking banyaknya angkot, jalan raya (di bandung, yang namanya jalan raya hanya selebar jalan protokol di jogja, itu pun jalannya penuh lubang) serasa penuh dengan angkot.

Naek angkot, buat banyak orang di bandung, sudah jadi rutinitas sehari-hari. Rasanya ada yang kurang kalo tidak naek angkot. Namun, walopun merupakan rutinitas sehari-hari, masih banyak orang yang naek angkot dengan tidak mempedulikan orang laen (yach.. hampir seperti makan, walopun tiap hari makan 3 kali, banyak orang yang cuek dengan sopan santun ketika makan). Seolah-olah etika naik angkot hilang ketika seseorang sudah berada di angkot.

Barikut ini beberapa hal yang harus diketahui ketika harus naek angkot. (saya bukan penumpang angkot yang baek, bahkan, terakhir naek angkot berdua ama seseorang, aku dimarahin ama dia)

  1. sebelom naek, ketahui jalur angkot yang akan kita naiki

untuk mengetahui jalur angkot, bisa tanya ke pedagang asongan (yup !! di bandung banyak banget pedagang asongan di lampu merah), pedagang kaki lima, orang lewat. Pokoknya jangan naek angkot sebelom kamu tao angkot yang musti dinaikin deh..

  1. sebelom naek, siapkan duit receh (100an, 500an, dan 1000an, tergantung tujuan kita)

Kamu (nyerahin duit 100.000) : Ini, mang !

Sopir (tampangnya ketus) : nggak ada kembaliannya, bentar.. saya tukerin dulu

10 menit kemudian :

Penumpang lain : &*^@%&@#*(&(@#

Sopir (tampangnya seneng) : ini kembaliannya, bang

Kamu (setelah nerima kembalian 95rb) : cuman dari situ kok, mang.. masak 5000

Sopir (sambil ngasih 1000) : nih bang !!

Suara angkot (melaju pergi) : bbrrrr

  1. Pas naek angkot, perhatikan orang di sekitar kita

Walopun orang di depan kita adalah mandy moore ato dian sastro, tetap perhatikan orang di samping kita. Percuma aja orang di depan kita secantik dian sastro kalo orang di samping kita adalah copet yang sukses menambah koleksi-nya dengan KTP kita. Kalo misalnya orang di dalam angkot semua adalah cewek2 cantik, perhatikan bahwa kita tidak salah naek angkot. Jangan2 kita naek angkot hantu J

  1. Masih pas di angkot, carilah tempat duduk yang nyaman

Jangan mentang-mentang tujuan kita deket, terus kita dengan pede-nya duduk di dekat pintu sambil cuek aja ndengerin mang sopir bilang “balik kanan, bang”. Kalo pengen nyaman, duduk aja di sebelah sopir. Tapi kalo pengen nyaman sambil ngeliat penumpang yang laen, duduk aja di belakang sopir. Di tempat itu, dosa kamu akan bertambah kalo tao2 ada penumpang cewek yang naek yang baju bagian dada-nya agak longgar

  1. Ketika ada pengamen.

Dulu, ketika ada pengamen ato pengemis di angkot, aku biasanya ngasih duit ke mereka. Tapi sekarang, aku males ngasih duit ke mereka. Alasanku sederhana, kalo aku ngasih duit ke mereka, mereka akan merasa seneng jadi pengamen ato pengemis. Mereka tidak akan pulang kampung dan bikin usaha di kampus. (liat aja perempatan planet dago !! udah jadi pemukiman pengemis jalanan !!!)

  1. Ketika turun :

- pastikan bahwa kamu turun di tempat yang tepat, dan bukan di tengah jalan

- pastikan juga bahwa isi dompet dan tas masih ada

- jangan lupa bayar angkot

- kalo misalnya ternyata nggak ada duit, bilang aja “belakang, mang!!” sambil lari kenceng

No comments: