Sunday, December 05, 2004

Windows XP Starter Edition


I'm in love with Windows XP


Dimanapun aku, dimanapun aku, komputer kerjaku adalah Windows XP Profesional (+SP2). kenapa ? karena aku suka aja.. linux aku bisa make, windows 98 aku juga bisa make, terus kenapa Windows XP ? yach.. seperti tadi, karena aku suka sama windows XP buat kerja (sama seperti aku suka freebsd buat server. jadi, diposisiku, Linux is suck :) )

baru-baru ini Microsoft bikin terobosan.. dengan membuat windows + office paket murah dalam Windows XP Starter Edition. berita bisa dilihat di sini.

Windows XP Starter Edition diinspirasikan oleh pemerintah Thailand yang ingin mengadakan komputer dan laptop murah ($250 untuk PC dan $400 untuk laptop) dengan target 1000 komputer. dengan jumlah sebesar itu, Microsoft akhirnya mau menurunkan harga jual software-nya dengan menurunkan spesifikasi software. (Sebenarnya, kenapa sih harga jual produk-produk microsoft mahal-mahal ? Toh dengan dijual $1 untuk windows, microsoft sudah untung, dan tidak ada bajakan lagi :) )

Tetapi, aku ngerasa, bahwa Windows XP Starter Edition ini nggak bakal sukses (seperti fenomena Windows ME). liat aja apa yang ada di dalam Windows XP Starter Edition :
dengan rata2 monitor jaman sekarang ukurannya 15' atau lebih, tentu
mata akan terasa 'aneh' apabila monitor tersebut diset pada resolusi
tersebut
di satu sini, hal ini bagus (komputer jadi susah kena virus & worm
yang menggila), tapi di sisi lain, komputer tidak bisa sharing
(baik file sharing maupun printer sharing)
bayangkan !! Siapa yang tahan dengan kondisi itu. anggap orang yang
make bener2 orang rumahan, aplikasi pertama untuk word, aplikasi
kedua untuk visio, dan aplikasi ke tiga untuk winamp. ketika dia
ingin refreshing dengan nge-game, mesti nutup salah satu aplikasi :)
belom lagi untuk orang yang lagi meneliti dan butuh browsing..
aplikasi pertama untuk word, aplikasi kedua untuk visio, dan aplikasi
ketika untuk browser (dan browser-nya pasti bukan IE, tapi misal
firefox yang bisa multiple tab - membunuh IE juga :) ), terus musik
didengerin pake tape (mesti beli tape dan kaset deh :) )

Windows XP Starter edition tuh kalo misalnya motor, dijual hanya untuk dinaikin 1 orang, kecepatan maksimum motor cuman 40 km/jam, dan tidak ada kaca spion-nya :) tapi, untuk harga segitu (aku lupa pas-nya, tapi yang jelas di bawah $100) untuk windows + office, emang bener2 murah :)

(catatan : tulisan ini diinspirasi oleh postinganku di milis telematika)

No comments: