Monday, February 28, 2005

Trend Tulisan Blog !!

Akhir-akhir ini, aku menemukan banyak blog yang isinya cerita (baik cerita bersambung maupun cerita pendek). Isi blog-blog tersebut rata-rata sangat menarik untuk dibaca. Karena bukan katarsis (peluapan emosi) dari penulisnya, maka blog-blog tersebut berisi daya kreasi dan imaginasi dari penulisnya.

Tercatat sedikitnya 4 blog berbahasa indonesia yang isinya bukan katarsis, yaitu :
1. Petualang Blog
Penulis : Budi Rahardjo
Blog ini berisi cerita perjalanan seorang petualang seorang blogger dengan bajingannya. Ceritanya bagus, menarik, dan membuat penasaran (Terutama penasaran tentang : sedang mengunjungi blog siapa tokoh kita kali ini). Semoga cerita pada blog Pak BR tetep menarik dan tidak tersesat (kehilangan alur cerita) karena terlalu jauh berkelana.
2. A Web of Thought, Dream, and Emotion
Penulis : Irayani Queencyputri
Menurut empunya cerita, isi dari cerita-cerita di blog ini bukan merupakan pengalaman pribadi penulisnya. Tetapi tokoh-tokoh di dalam cerita-cerita tersebut merupakan orang-orang di sekeliling Rara. (saya sendiri tidak kenal Rara, tetapi membaca blog dan comment dari temen2 Rara, kayaknya tokoh2 di situ adalah orang2 di sekeliling Rara) Cerita-cerita dalam blog tersebut menceritakan hubungan asmara antara dua insan yang terpisah jarak. Tentunya banyak suka duka dalam hubungan jarak jauh tersebut. Sayangnya, menurutku ceritanya terlalu chicklit, dan aku tidak terlalu suka dengan chicklit :) (kecuali princess diary - yang ini aku punya bukunya lengkap) Cerita-cerita dalam blog Rara kayaknya punya nilai jual kalo diterbitin, soalnya sesuai dengan selera pasar :)
3. Cerita Seratus Kata
Penulis : Nita Sellya
Kalo dua blog di atas merupakan cerita bersambung, cerita-cerita dari blog Nita ini isinya merupakan cerita pendek. Pendek banget malah. Tetapi di situlah bagusnya. Tidak Wordy. Tetapi tetap menarik. Ketika membaca cerita-cerita pada blog itu pertama kali (ketika itu masih lima cerita), aku langsung tertarik. Pada awalnya aku pernah berpikiran, wah.. ini alur cerita-nya hampir sama, jadi agak monoton... Tapi ternyata aku salah.. Justru ini juga salah hal yang membuat blog ini bagus. Yaitu ada-nya ciri khas penulisnya. Alur cerita yang sama yang aku maksud adalah bahwa endingnya selalu tidak terduga. Jangan-jangan, penulisnya merupakan fans dari cerita-cerita Agatha Christie.
4. Bercerita dalam 100 kata
Penulis : Macam-macam
Kononya, menurut Nita, blog inilah yang menginspirasi beliau untuk membuat blog Cerita Seratus Kata. Cerita-cerita dalam blog ini juga cerita minimalis kata. Maklumlah, judul blog-nya aja bercerita dalam 100 kata, tentunya juga ceritanya tidak terlalu bertele-tele. Dikarenakan penulisnya lebih dari satu, bisa dibilang blog ini merupakan kumpulan cerita pendek yang tidak ada ciri khas antara masing-masing cerita, baik ciri khas penulisan, tema, dan lain-lain.

Mungkin masih banyak blog berbahasa indonesia yang isinya bukan pelampiasan emosi penulisnya. Untuk saat ini, aku tulis empat blog dulu. Nanti kalo nambah, ya ditambahin :)

4 comments:

Anonymous said...

Mas Fajri, bagaimana kalau blog ini ceritasingkat.blogspot.com ?

Living in Thailand said...

Hi Nice blog please take look at my website as well *My free sms website**

Muhammad Mufti said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Muhammad Mufti said...

Blog ku juga bukan sekedar pelampiasan emosi belaka mas...! Sekedar iseng aja daripada tulisan cuma disimpen dibuku.